Official site Lembaga Dakwah Kampus Universitas Brawijaya

FSLDK.

Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK)

Sejarah dan Perkembangan FSLDK

Kondisi obyektif kampus yang berbeda-beda memaksa masing-masing lembaga dakwah kampus selama ini berkembang dengan pola sendiri-sendiri, sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapinya. Di samping itu, banyaknya persoalan dakwah di dalam kampus menyebabkan LDK juga lebih mengarahkan perhatiannya ke dalam kampusnya masing-masing, dan kurang memberikan perhatian pada kebersaman gerak dakwah.
Keadaan ini berakibat melemahnya kekuatan gerak dakwah secara global. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu jalinan koordinasi yang baik di antara lembaga dakwah kampus yang ada demi terciptanya kekuatan gerak dakwah yang terpadu, kokoh, laksana satu bangunan yang saling menguatkan.
Forum Silaturahhim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN) merupakan salah satu bentuk koordinasi dakwah yang berfungsi sebagai sarana bagi terciptanya gerak dakwah yang teratur, terpadu, dan kompak tadi menuju ummatam wahidah. Cikal bakal lahirnya FSLDKN adalah acara yang bernama Saresehan LDK yang diadakan pada tanggal 14-15 Ramadhan 1406 atau 24-25 Mei 1986 oleh Jamaah Shalahuddin UGM, bertempat di UGM, Yogyakarta.
Forum yang pembukaannya diadakan di Gedung Pertemuan UGM dan pertemuan lanjutannya di Pesantren Budi Mulya itu, diikuti oleh 26 peserta utusan 13 LDK se-Jawa, yakni:
  • Jamaah Shalahuddin UGM
  • Jamaah Mujahidin IKIP Yogyakarta
  • LAI Undip Semarang
  • Unsoed Purwokerto
  • UNS Solo
  • Lpisat Usakti Jakarta
  • UI Jakarta
  • BKI Bogor
  • UIKA Bogor
  • Karisma Salman ITB Bandung
  • Unpad Bandung
  • UKKI Unair Surabaya
  • BDM Al-Hikmah IKIP Malang

Hasil dari pertemuan yang ternyata telah lama dinantikan oleh banyak peserta ini adalah perlunya meningkatkan ukhuwah Islamiyah antara lembaga dakwah kampus, setidak-tidaknya antar fungsionaris lembaga dakwah kampus.

Selain itu, disepakati untuk melanjutkan komunikasi dan koordinasi antar-LDK dengan pembagian wilayah koordinasi sebagai berikut:

  • Wilayah barat dikoordinir oleh Salman Institut Teknologi Bandung
  • Wilayah tengah dikoordinir oleh Jamaah Shalahuddin UGM Yogyakarta
  • Wilayah timur dikoordinir oleh UKKI Universitas Airlangga Surabaya

Juga dihasilkan kesepakatan untuk memahami kondisi dakwah di kampus. Menyadari bahwa FSLDK dihadiri oleh LDK yang berbeda-beda proses terbentuk, kelembagaan, kondisi lingkungan, maka hubungan antar LDK didasarkan semata pada ikatan ukhuwah Islamiyyah yang bersemangatkan i’tisham bihablillah. Itulah yang selama ini terus berlangsung hingga kini.

PERKEMBANGAN FSLDK

Pasca diadakannya Saresehan LDK itu, segenap peserta menyepakati tentang perlunya membina jaringan dan ukhuwah antar-LDK. Sehingga muncullah agenda-agenda susulan sebagai follow up-nya.Agenda-agenda tersebut adalah:

  • Saresehan LDK II – Bandung
  • FSLDK Nasional III – Surabaya
  • FSLDK Nasional IV – Surakarta
  • FSLDK Nasional V – Malang
  • FSLDK Nasional VI – Jatinangor
  • FSLDK Nasional VII – Makassar
  • FSLDK Nasional VIII – Semarang
  • FSLDK Nasional IX – Bandung
  • FSLDK Nasional X – Malang
  • FSLDK Nasional XI – Jakarta
  • FSLDK Nasional XII – Padang
  • FSLDK Nasional XIII – Samarinda
  • FSLDK Nasional XIV – Lampung

——————————————————————————————————————————————————————–

PUSKOMDA MALANG RAYA

——————————————————————————————————————————————————————-

 

Untitled

Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Komunikasi Nasional (Puskomnas) untuk masa kerja tertentu. Pusat Komunikasi Daerah Malang Raya yang mendampingi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di Malang Raya, Pasuruan, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Nganjuk dan Jombang. Koordinator Puskomda Malang Raya saat ini diamanahkan (kembali) pada Rohis Kampus Unit Aktivitas Kerohanian Islam (UAKI) Universitas Brawijaya Malang untuk periode kepengurusan 2013-2015.

Dalam kepengurusan tim FSLDK sendiri, saat ini terbagi menjadi 4 komisi (bidang). Keempat komisi tersebut memiliki tim tersendiri, yaitu :

a)      Komisi A       :  Isu dan Keummatan

b)      Komisi B       : Ke-LDK-an

c)       Komisi C       : Kemuslimahan

d)      Komisi D       : Kehumasan

LTC (LDK Training Center) merupakan fasilitas yang diberikan oleh FSLDK Malang Raya demi meng-upgrade wawasan ke-LDK-an bagi pengurus LDK dan harapannya dapat menjawab segala permasalahan yang dimiliki oleh LDK yang didampingi.

FB           : Puskomda Malang Raya

Twitter : @FSLDKMalangRaya

Web      : malang.fsldkindonesia.com

Contact Person,

Koordinator Puskomda Malang Raya

Yusron Effendi (08563481266)

 

JARINGAN MUSLIMAH DAERAH (JARMUSDA) FSLDK MALANG RAYA

Untitled

Jaringan Muslimah (JARMUS) adalah salah satu bidang dalam Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) yang memiliki konsentrasi dalam hal pengembangan dan pemberdayaan kemuslimahan. Jaringan Muslimah Nasinoal (JARMUSNAS) adalah koordinator kemuslimahan di tingkat nasional pada struktur FSLDK untuk masa kerja tertentu. Dalam hal ini koordinator JARMUSNAS berada dalam struktur PUSKOMNAS (Pusat Komunikasi Nasional). Jaringan Muslimah terbentuk pada saat Musyawarah FSLDK Nasional  X di Universitas Muhammadiyah Malang, tahun 1998.

Jaringan Muslimah Daerah (JARMUSDA) adalah koordinator kemuslimahan di tingkat daerah sekaligus perpanjangan tangan JARMUSNAS pada struktur Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) untuk masa kerja tertentu. Modul Menjadi Muslimah Pembangun Peradaban adalah salah satu produk JARMUS yang berisi pedoman dalam mengembangkan potensi kemuslimahan LDK.

Kesadaran akan tanggung jawab untuk menjalankan roda dakwah dalam satu barisan yang kokoh dan teratur, dalam upaya melakukan perubahan, perbaikan kondisi ummat pada umumnya dan melakukan reformasi moral, akhlak dan aqidah, sebagai upaya perbaikan akhlak wanita melalui tangan wanita merupakan suatu kewajiban yang sebaiknya dilakukan oleh wanita itu sendiri. Jaringan Muslimah ini adalah untuk mewujudkan kesamaan gerak langkah muslimah dalam menyikapi permasalahan keummatan. Harapannya dari kemuslimahan LDK juga mampu berkomunikasi secara intens dengan pihak Jarmusda dalam mengakselerasi kemuslimahan LDK-nya.

Landasan Syar’i

1)    “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki – laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.” (QS. An-Nisa’: 1)

2)    “Dan orang – orang yang beriman, laki – laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS. At-Taubah: 71)

3)    “Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki – laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl: 97)

4)    “Dan janganlah kamu iri terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (karena) bagi laki – laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. An-Nisa’: 32)

5)    “Dan katakanlah, ‘Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang – orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.’” (QS. At-Taubah: 105)

6)    “Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang – orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104)

7)    “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah…..” (QS. Ali Imran: 110)

 

Tim Jarmusda FSLDK Malang Raya 2013-2014

Contact Person :

1)    Susi Novi Andari         :  083848748047 (Universitas Brawijaya)

2)    Qonita Rizqi D             :  085782403421 (Universitas Brawijaya)

3)    Sita                              :  085230016752 (Universitas Negeri Malang)

Responses (2)

  1. hmimpounila
    April 8, 2013 at 20:43 · Balas

    Jangan tinggalkan Sejarah LDK dengan Sejarah Asal di bentuknya Ldk yang dulu LDMI merupakan bentukan dari HMI ya akhi atau ukhti?

  2. hmimpounila
    April 8, 2013 at 20:44 · Balas

    Tolong di tulis,,,bahwa LDK/LDMI/FSLDK di lahirkan dari rahim HMI. jangan sampai kita disebut pendusta.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top
Enter your Infotext or Widgets here...