Official site Lembaga Dakwah Kampus Universitas Brawijaya

Profil.

UNIT AKTIVITAS KEROHANIAN ISLAM

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

(UAKI UB)

UAKI UB merupakan Lembaga Dakwah Kampus yang bertanggung jawab secara langsung terhadap mahasiswa muslim (melalui program peduli mahasiswa dan Mentoring) maupun secara tidak langsung (melalui koordinasi dengan Lembaga Dakwah Fakultas).

Sejarah

Menurut sejarah Raden Patah adalah salah seorang anak dari Prabu Brawijaya yang terakhir, sang Raja Diraja Majapahit yang termasyur. Berkat dukungan para wali (khususnya wali songo), Raden Patah berhasil menegakkan Daulah Islamiyah (Negara Islam) setelah menumbangkan kerajaan Majapahit, lebih dari itu Raden Patah berhasil mengislamkan masyarakat Jawa yang sebelumnya merupakan masyarakat Hindu dan Budha, kultur syirik yang hidup subur berhasil dialihkan menuju kultur yang Islami, waktu diakui masih dari tutas. Dengan integrasi kepribadian yang tegar, lebih dari sedari kemampuan strategi dan teknik, akhirnya Daulah Islam berhasil merombak tatanan masyarakat secara dramatis. Itulah sosok figur perjuangan raden Patah.

Inspirasi historis dari semangat jihad Raden Patah itulah yang memacu semangat beberapa orang sivitas kampus Unibraw untuk mendirikan sebuah Masjid di tengah kampus. Sebuah ide cemerlang yang harus memenuhi tantangan berat waktu itu, mengingat waktu itu masa jayanya NKK/BKK, tapi berkat jiwa yang istiqomah para assabiqunal awwalun (pemrakarsa), dan atas dukungan sivitas kampus berdirilah mushola kecil yang diberi nama Raden Patah. Kini setelah 19 tahun berdiri dan berkembang menjadi sebuah masjid yang cukup besar. Masjid Raden Patah merupakan tumpuan harapan umat, khususnya warga kampus.

Insan akademis merupakan ciri khas kampus, karenanya sebagai dari sistem perguruan tinggi, masjid Raden Patah menitik beratkan program kegiatan pada aspek pengkaderan. Pembinaan bagi mahasiswa diarahkan pada terbentuknya ulul abab atau sosok cendikiawan muslim masa depan.

Dari embrionya yang bernama remas (remaja masjid), kemudian berganti jama’ah pemuda dan akhirnya berubah menjadi Unit Aktivitas Kerohanian Islam (UAKI) hingga sekarang. Lembaga ini ibarat Depagnya lembaga kemahasiswaan Unibraw, karena memang secara struktural merupakan salah satu unit aktivitas di lingkungan Unibraw, akan tetapi sebagai salah satu lembaga yag terbentuk di masyarakat, lembaga ini sekaligus merupakan anak takmir. Ciri khas kegiatan mencerminkan penterjemahan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kacamata dakwah yakni meliputi kegiatan pengembangan penalaran, minat dan bakat serta kesejahteraan dalam prespektif Islam.

Visi

Mewujudkan LDK (Lembaga Dakwah Kampus) yang kokoh dan profesional untuk membangun pemahaman ke-Islam-an seluruh civitas akademika, serta menjadi pusat dakwah Islam di Universitas Brawijaya.

Misi

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kader, serta soliditas struktur.
  2. Meningkatkan kinerja dakwah, sehingga mampu mempelopori dakwah Islam di lingkungan kampus.
  3. Membangun hubungan dan citra yang bersahabat dengan seluruh civitas akademika.
  4. Menyiapkan seluruh sarana dan prasarana  yang diperlukan untuk membangun pemahaman ke-Islam-an civitas akademika, serta menjadi pusat dakwah Islam di Universitas Brawijaya.

Tujuan

Uaki bertujuan:

  1. Tujuan dari segala tujuan adalah semata-mata untuk memperoleh ridla Allah SWT.
  2. Melakukan pengkaderan terhadap mahasiswa muslim Universitas Brawijaya agar terbentuk insan berkepribadian Islam yang sadar akan tugasnya sebagai khalifah Allah dalam kehidupan didunia (melaksamakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya) dan memiliki tekad kuat menegakkan kalimatullah di dalam kehidupan manusia.
  3. Mengorganisasi segala potensi yang ada di kampus sehingga mendukung upaya-upaya pelaksanaan Ad Dien Al Islam.
  4. Mendorong peningkatan dakwah intern dan ekstern kampus yang rapi dan terintegrasi.

 

Informasi Kontak

Akun

Website

Email
  • uaki@ub.ac.id
  • ubuaki@facebook.com
  • uaki.brawijaya@gmail.com

Phone
  • 85749512306 Mobile

Screen Names
  • khoirulr (Twitter)
  • koizi45 (Yahoo! Messenger)
  • kroziqin (Skype)
  • roziqin45 (Google Talk)
  • roziqin45@hotmail.com (Windows Live Messenger)

Website

Email
  • kroziqin@facebook.com
  • roziqin45@gmail.com

Facebook http://facebook.com/kroziqin

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top
Enter your Infotext or Widgets here...